Senin, 16 Januari 2023

Tips Melawan Rasa Insecure saat Bicara di Depan Umum

 


Sebagai mahasiswa, berbicara di depan umum merupakan salah satu hal penting. Misalnya, ketika melakukan presentasi di depan kelas. Terlihat mudah, namun seringkali ngerasa insecure dan gugup saat berhadapan dengan banyak orang. Tiba-tiba kalimat yang sudah dihapal hilang, keringat dingin, dan ngga tahu harus melakukan apa. Teman-teman suka bingung ngga sih cara ngatasinnya gimana? 

Daripada bingung dan ngga tau harus melakukan apa, aku punya beberapa tips melawan rasa insecure saat bicara di depan umum, nih! Oke, langsung aja yuk kita simak tips-tipsnya.

1. Lakukan persiapan sebaik mungkin, ini menyangkut materi, peralatan pendukung yang diperlukan, dan penampilan. Jangan memaksa diri tampil sempurna, nantinya kamu malah semakin gugup dan hilang fokus ketika melakukan sedikit kesalahan. Oleh karena itu usahakan dirimu untuk tampil maksimal ya bukan sempurna!

2.  Jangan takut salah, coba aja dulu. Kesalahan yang dilakukan sebagai pemula itu sangat wajar, kok. Asal kita sering berlatih dan mengevaluasi dari kesalahan sebelumnya agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

3. Jadi dirimu sendiri. Selama kamu berdiri  di depan penonton gunakan gaya bahasamu sendiri. Jangan mencoba untuk menjadi orang lain karena ini justru membuat dirimu menjadi kurang nyaman dan tidak menjadi diri sendiri. Tetap tenang dan coba kuasai keadaan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar