Jumat, 09 Juni 2017

Talk Show Kisah Inspiratif- T-MAPS IAIN Surakarta




Talk Show “Kisah Inspiratif Melampaui Batas”

Institute Agama Islam Negeri Surakarta, Jumat, 26 Mei 2017. Talk Show “Kisah Inspiratif”. Kisah inspiratif melampaui batas dari seorang pria difabel tanpa tangan dan kaki yang menjadi fotografer handal. Talk show ini mengangkat tema “keterbatasan tak menjadi halangan dalam menggapai impian”. Acara talk show ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Training for Motivation and Public Speaking (T-MAPS) IAIN Surakarta dengan tujuan untuk menginspirasi kaum muda khususnya mahasiswa IAIN Surakarta dan sekitarnya agar tetap semangat dalam menggapai impian meskipun dengan keterbatasan, karena keterbatasan bukan suatu penghalang seseorang untuk menggapai kesuksesan.
            Talk show yang diadakan di Pasca Sarjana lantai 4 Institut Agama Islam Negeri Surakarta ini dihadiri oleh seorang pembicara luar biasa yang sangat menginspirasi, beliau yaitu Achmad Dzulkarnain atau akrab dipanggil Bang Dzoel. Beliau merupakan salah satu the best fotografer of the world dan merupakan mahasiswa teater terbaik se-Indonesia. Pada kesempatan yang amat luar biasa tersebut beliau banyak menyampaikan motivasi yang sangat luar biasa.
Acara Talk show ini dimulai dari jam 08.00 sampai jam 12.00. Sebelum acara inti dimulai terdapat beberapa hiburan yang telah dirancang oleh panitia dengan sedemikian rupa seperti Guest Star Acousti, puisi berantai dan juga puisi musikalisasi, selanjutnya acara inti dimulai pukul 08.50 WIB. Acara ini dimulai dengan pembukaan kemudian tilawah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu sambutan oleh sadara Herman selaku ketua panitia. Dalam sambutannya tersebut ketua panitia mengatakan “Jangan gunakan kekurangan/keterbatasan sebagai penghalang dalam menggapai impian, tapi jadikan kekurangan itu sebagai motivasi dalam menggapai impian” dan tidak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara tersebut, terutama para peserta yang tidak kalah luar biasanya yang datang tidak hanya dari mahasiswa IAIN Surakarta saja namun juga ada dari Universitas lain seperti UMS, UNIBA, UNS dan UNSA. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Pembina, dalam sambutannya tersbut beliau mengatakan “Tokoh-tokoh dunia tidak selalu mempunyai kelebihan, tetapi mereka juga mempunyai kekurangan, contohnya Albert Enstein dibalik keterbatasan yang dimiliki ia mepunyai kelebihan yang lain, yang bahkan menjadikan ia menjadi tokoh dunia, karena keterbatasan bukan penghalang tetapi bisa jadi keterbatasan itu adalah kelebihan”.
 “Hidup adalah berjuang, hidup adalah berkompetisi, selama kita masih bisa berkompetisi”. Selanjutnya acara talk show ini secara resmi dibuka oleh Pembina UKM TMAPS, Bapak Rudi dan Direktur TMAPS Ms. Ratna dengan ucapan basmalah dan pemukulan gong tiga kali. Selanjutnya sampailah pada acara inti Talk Show Kisah Inspirasi ini, pada acara tersebut Achmad Dzulkarnain atau akrab dipanggil Bang Dzoel menyampaikan banyak hal terkait berbagai pertanyaan dari para peserta yaitu :
“Melakukan aktivitas dengan keterbatasan?? Ini bukanlah keterbatasan. Pedoman saya tidak cacat, saya adalah manusia yang diciptakan Allah dengan berbeda, orang cacat adalah orang yang diciptakan semputna tetapi tidak mempunyai sifat yang baik.”
“Kenapa bisa berubah menjadi orang yang sama bahkan lebih dari orang-orang lain seperti ini? Karena saya memikirkan masa depan saya, sebenarnya saya mendapat tamparan dari Allah dalam firmannya ‘Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali ia sendiri yang mengubahnya,’ dan yang membuat saya termotivasi yaitu anak disabilitas harus menjamin orang tuannya. Itu adalah prinsip saya.”




#TMAPS
#Inspire your life
 
latepost


Tidak ada komentar:

Posting Komentar