Jumat, 23 Oktober 2020

Sambut Young Trainer, UKM T-MAPS IAIN Surakarta Adakan Webinar Public Speaking

Sambut Young Trainer, UKM T-MAPS  IAIN Surakarta 

Adakan Webinar Public Speaking 



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Training for Motivation and Public Speaking (T-MAPS)  IAIN Surakarta menggelar acara webinar nasional public speaking pada Sabtu (10/10). Acara yang bertema “Tingkatkan Kualitas Diri dengan Skill Public Speaking” ini diadakan secara virtual melalui zoom meeting dan diikuti oleh 485 peserta, baik dari anggota UKM T-MAPS maupun peserta umum, terkhusus pendaftar T-MAPS. Acara ini sekaligus sebagai acara penyambutan calon anggota baru UKM T-MAPS 2020 atau yang biasa disebut Young Trainer. Acara diadakan guna untuk mengenalkan UKM T-MAPS kepada calon  young trainer 2020, sekaligus memberi bekal public speaking, sebelum nantinya calon young trainer terjun langsung untuk praktek public speaking  di UKM T-MAPS.

Acara ini menghadirkan seorang narasumber pakar public speaking yaitu coach Haryanto Kandani, penulis lima buku best seller, achievement motivator, marketing and leadership coach, coach training acara The Rising Star, The Voice, X Factor, dan Indonesia Idol. Acara dimulai pukul 19.15 WIB dengan pembacaan ayat suci al-qur’an, dan kemudian dilanjutkan sambutan dari  wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama IAIN Surakarta, Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. Menurutnya, setiap mahasiwa wajib mempunya pengetahuan tentang public speaking, hal ini dikarenakan public speaking benar-benar penting untuk mahasiswa. Public speaking memungkinkan pesan yang disampaikan akan lebih efektif, sehingga menggiring tercapainya opini positif dari Informasi yang disampaikan oleh komunikan kepada komunikator.

Coach Haryanto Kandani menyampaikan materi teknik berbicara memukau didepan umum, cara mengatasi demam panggung, trik berbicara agar tidak membosankan, dan teknik komunikasi perfect koin yaitu persuasif, efektif, komunikatif, dan efisien. Tak hanya itu, ia juga memberikan tips menarik perhatian audiens. Beberapa contoh dipraktekkan, misalnya tips memfokuskan perhatian audiens dengan cara memberikan ice breaking berupa game tebak-tebakan warna. Menurutnya, public speaking itu ibarat psikologi, yaitu mengarahkan pikiran untuk mengetahui apa yang ada dipikiran orang lain. “Kemampuan anda dalam mempengaruhi orang jangan hanya memberikan informasi, tetapi juga menjual konsep diri. Konsep atau gagasan kita, public speaking itu adalah skill yang harus terus dilatih.” tambahnya.



.  Harapan setelah webinar  public speaking ini yaitu young trainer atau calon anggota baru UKM T-MAPS nantinya memiliki bekal public speaking, sehingga akan memaksimalkan acara UKM T-MAPS selanjutnya, yaitu Basic Leadership Training (BLT) yang nantinya akan diikuti oleh  calon young trainer 2020.

 

Pengirim : UKM T-MAPS IAIN Surakarta

Kontak : Desi Oktasari (082211267172)



1 komentar:

  1. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus