Senin, 12 Oktober 2020

Tips Singkat Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

 

Tips Singkat Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri




Ketika berbicara di depan umum atau ber- public speaking, kita memerlukan kepercayaan diri untuk membawa diri. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan percaya diri untuk berbicara di depan umum.

1. Berdamai dengan diri sendiri

Ketika anda ingin percaya diri, hal yang harus anda lakukan yaitu berdamai dengan diri sendiri. Maksudnya yaitu kita harus bisa percaya dengan kemampuan yang kita miliki sehingga nervous itu hilang dengan sendirinya.

2. Mempersiapkan dengan matang

Materi yang akan disampaikan harus di buat secara terperinci, adapun caranya yaitu:

·      Tulislah materi yang akan diberikan pada audiens meskipun sekedar menjawab salam “assalammu’alaikum wr.wb” sampe dengan menutup salam “wa’alaikum salam wr.wb”. Kita harus menulis secara terperinci apa saja yang akan kita sampaikan.

·      Ambillah point-point penting yang akan disajikan dalam bentuk ppt.

3.    3. Berlatih

Untuk berlatih, bisa dengan cara berlatih di depan kaca atau bisa juga dengan merekam video dan evaluasi video tersebut. Berlatih membuat anda akan lebih siap untuk bagaimana bersikap ketika berbicara di depan umum. Serta untuk mempersiapkan bahasa tubuh dan pembawaan yang baik nanti.

4.     4. Serahkan apapun hasilnya kepada Alloh swt

Kita adalah manusia biasa. Jika kita sudah berusaha dan berlatih semaksimal mungkin apapun hasilnya kita harus menyerahkan pada Sang Pencipta.


Salam inspire your life

Sumber : Materi Irfan Milenial (Gebyar Bermartabat 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar