Kamis, 19 Desember 2024

The Art of Time Management

    


Penulis: Rhoisa Fatikah Romadhona


     Merupakan hal yang lumrah bagi setiap orang untuk merasakan kesibukan terutama bagi para mahasiswa. Banyak hal yang harus dilakukan serta dikerjakan namun, masih terdapat kebingungan bagaimana cara dan waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Contoh kasus yang sering dialami oleh para mahasiswa adalah ketika dihadapkan dengan berbagai macam tugas yang memiliki deadline dalam waktu yang hampir bersamaan. Lalu bagaimana cara agar semua tugas-tugas itu dapat diselesaikan dalam waktu yang tepat dan hasil yang maksimal? Time Management adalah salah satu solusinya.

    Apa itu Time Management? Singkat dan sederhananya, Time Management adalah keterampilan untuk mengatur waktu secara efektif dan efisien agar dapat mencapai sebuah tujuan. Bukan hanya sebuah keterampilan belaka namun Time Management adalah salah satu cara untuk mempermudah hidup manusia. Perlu diketahui bahwa Time Management merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang terutama untuk tahun 2025 dan seterusnya. Karena pada jaman yang semakin cepat serta kegiatan yang semakin padat maka mengharuskan setiap orang untuk memiliki pengaturan waktu yang cermat. Mengapa hal ini demikian penting? Salah satu dampak dari tidak diterapkannya Time Management adalah kurangnya jam tidur. Hal ini biasanya dirasakan oleh para mahasiswa yang memiliki kebiasaan menunda-nunda tugas dan mengakibatkan tugas-tugas itu menumpuk. Pada akhirnya tugas-tugas itu harus dikerjakan dalam waktu singkat dan menyebabkan kurangnya jam istirahat dan tidur.

    Kesadaran pada diri sendiri merupakan langkah awal untuk memulai Time Management. Sadar ketika diperlukannya cara agar dapat mengatur waktu secara efektif. Terdapat media atau alat yang dapat digunakan untuk memulai Time Management seperti smartphone atau buku. Dengan menuliskan kegiatan atau tugas-tugas apa yang harus dikerjakan, serta menentukan hal apa yang terlebih dahulu harus dikerjakan atau menetukan skala prioritas. Maka dengan hal tersebut dapat membuat seluruh kegiatan akan lebih mudah untuk dilakukan.

     Demikian pentingnya Time Management yang apabila tidak diterapkan makan akan menimbulkan dampak yang dapat merugikan terutama bagi diri sendiri. Dengan Time Management maka tidaklah sulit lagi untuk mengatur segala kegiatan yang ada agar berjalan teratur dan terorganisir. Ketika masih banyak orang yang belum menerapkan Time Management yang menyebabkan mereka kebingungan dalam mengatur waktu namun dengan menerapkan Time Management merupakan cara agar selangkah lebih maju dari pada yang lain. Lalu setelah ini, Apakah Time Management masih terasa remeh dan tidak penting?

1 komentar: