Kamis, 02 April 2020

Yakin Masih Mau Gabut Ditengah Pandemi Corona?


Yakin Masih Mau Gabut Ditengah Pandemi Corona?


Akhir-akhir ini dunia bahkan Indonesia sedang digemparkan dengan mewabahnya virus corona. Berbagai informasi mengenai virus corona selalu berkembang dari waktu ke waktu. World Health Organization (WHO) memublikasikan coran sebagai pendemi karena virus Covid-19 begitu cepat menyebar. Saat masuk Indonesia, begitu cepat virus ini menyebar dari orang ke orang.
            Mewabahnya virus corona pemerintah harus segera mengambil tindakan tegas, untuk mengantisipasi bertambahnya pasien yang terinfeksi Covid-19. Berbagai upaya pemerintah dilakukan. Salah satunya anjuran untuk tinggal dirumah. Seperti yang kita tahu, semakin sering berkunjung ditempat ramai dan berkontak langsung maka potensi penyebaran virus ini akan meningkat.
            Untuk mendukung upaya pemerintah, baru-baru ini sosial media diramaikan dengan tagar-tagar sejenis #DirumahSaja. Dengan adanya tanda pagar tersebut diharapkan agar masyarakat sementara waktu menghentikan aktivitas diluar rumah. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa anjuran pemerintah ini sangat menguntungkan. Tak perlu repot memikirkan hiruk pikuk aktivitas seperti yang dilakukan biasanya.
            Tetapi untuk orang-orang yang berjiwa ekstrover hal ini dapat menjadi berita buruk. Ditambah kebijakan dari pemerintah kegiatan ini dilakukan sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Minimnya sosialisasi selama wabah ini menimbulkan keresahan yang begitu mendalam bagi ekstrover.
            Lantas bagimana cara agar tetap produktif selama self quarantine untuk membantu pencegahan virus corona?
1.      Memotivasi Orang Lain
Memotivasi merupakan salah satu kegiatan yang positif dan dapat dilakukan untuk diri sendiri maupun orang lain. Banyak manfaat yang dapat kita ambil ketika menjadi seorang motivator. Selain mengajak seseorang untuk menjadi lebih baik, kita juga dapat bermanfaat bagi sesama.
2.      Membaca Buku
Kesibukan sehari-hari membuat kita tak ada waktu untuk membaca buku. Mungkin saat ini waktu yang tepat untuk membaca buku yang masih tersimpan rapi. Selain itu, kita juga memiliki waktu yang cukup luang untuk membaca buku dirumah. Tapi tetap perhatikan kebersihan buku yang kamu baca ya!
3.      Latihan Public Speaking
Jika kita melihat kebanyakan orang mungkin kurang suka berbicara di depan umum. Banyak dari mereka yang mengatakan takut, malu, grogi dan masih banyak lagi. Namun alasan tersebut salah satu hal yang wajar ketika kita belum pernah mencoba, sehingga banyak orang yang menghindar ketika diminta untuk berbicara didepan umum.
Untuk mengatasi ketakutan itu, sebaiknya kita sering-sering berlatih dan praktek. Dengan situasi seperti sekarang banyak waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk belajar public speaking. Seperti belajar menjadi MC, News Anchor, Motivator dan masih banyak lagi.
Jika dilihat, begitu banyak manfaat ketika kita pandai dalam public speaking. Sampai sini yakin gamau belajar public speaking?


4.      Belajar Memasak
Selama dirumah kita dapat memanfaatkan fasilitas dapur untuk memenuhi kebutuhan perut. Selain tidak membuat kita bosan, memasak sendiri membuat kita lebih yakin bahwa makanan yang akan dimakan dijamin kebersihan dan kesehatannya. Jadi selamat berkreasi dengan makanan yang akan kamu masak.
5.      Menulis
Selama ini mungkin kita terlalu sibuk dengan aktivitas yang membuat selalu tergesa-gesa. Dengan berdiam dirumah seperti saat ini, tentunya kita memiliki banyak waktu luang sehingga dapat menuangkan ide serta pikiran di atas kertas. Banyak yang dapat kita tulis seperti sajak, jurnal, cerita bahkan buku.
6.      Olahraga
Walaupun kita dirumah, olahraga tentu tidak boleh ditinggalkan. Banyak tutorial olahraga yang dapat kita lakukan selama dirumah. Tidak perlu olahraga yang berat-berat cukup dengan olahraga tipis-tipis sehingga membuat badan kita tetap fit. Tetap jaga ketenangan pikiran dan hindari stres ditengah pandemi corona.



7.      Movie Marathon
Bagi teman teman penyuka film, saat ini kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk menikmati film favorit. Tanpa perlu begadang dan mencari waktu luang, karena kamu sedang punya banyak waktu luang.
8.      Kontak Teman Lama
Sebagai makhluk sosial kita tidak dapat lepas dari orang lain terutama dalam menjalin komunikasi. Gunakanlah kuota kalian untuk tetap terhubung dengan orang-orang tersayang. Selain itu, kita juga bisa mengontak teman lama juga loh.
Ternyata  banyak aktivitas yang dapat kita lakukan selama dirumah. Dengan catatan aktivitas tersebut dapat kita lakukan setelah melakukan kewajiban utamamu, baik bekerja maupun belajar secara online. Dengan #DirumahSaja serta menjaga pola hidup sehat serta menjaga kebersihan, menjadi bagian penting dalam mengatasi wabah Covid-19. Mulailah dari sekarang demi melindungi diri kita, keluarga dan orang lain. Bersama Lawan Corona, Indonesia Bisa!

Sumber PR TMAPS : Arhanudri Davi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar